Friday 8 January 2016

7 Tips Hindari Perut Buncit





Setiap orang pasti setuju, jika perut buncit lebih banyak bikin susah daripada bikin senang. Dengan kondisi perut yang over size, seseorang akan mengalami kesulitan saat bergerak, tidak bebas dalam menentukan posisi duduk, menggangu penampilan, dan berakibat pada beberapa gangguan kesehatan lainnya.


Bagi Anda yang ingin terhindar dari perut buncit, berikut tipsnya:


1. Mengonsumsi karbohidrat yang sehat dan kaya serat

Sebagai langkah awal, gantilah asupan nasi sebagai sumber karbohidrat Anda dengan roti gandum (whole grain) atau nasi merah. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan asupan yang rendah karbohidrat, namun kaya terhadap kandungan serat untuk menghindari perut jadi buncit. Manfaat lainnya, roti gandum memiliki efek mengenyangkan lebih lama, sehingga Anda tak mudah tergoda untuk menambah porsi camilan, karena masih merasa lapar.


2. Perbanyak mengonsumsi air putih

Dengan meminum air putih 8 sampai 10 gelas setiap hari, dapat menghindarkan Anda untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang berlebih. Selain itu, dengan meperbanyak minum air putih, sistem pencernaan dalam tubuh menjadi lebih lancar.


3. Mengonsumsi sayur dan buah segar sebagai camilan yang sehat

Dengan mengganti camilan yang tak bergizi (junk food) dengan sayur dan buah segar, maka Anda akan terhindar dari perut buncit. Hal ini dikarenakan sayur dan buah segar mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu pembakaran lemak di dalam tubuh berlangsung lebih cepat. Manfaat yang lain adalah antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya kanker di dalam tubuh.


4. Perbanyak mengonsumsi lemak baik

Tips yang tak kalah penting untuk menghindari perut buncit adalah dengan memperbanyak konsusmsi lemak baik. Hal ini karena lemak baik dapat mengusir lemak jahat pada bagian perut Anda. Adapun sumber asupan lemak baik bisa Anda peroleh dari sumber hewani berupa ikan salmon dan dari sumber nabati berupa buah avokad.


5. Lakukan olah raga rutin

Untuk mengimbangi asupan bergizi dan kaya serat, maka lakukanlah olah raga rutin agar pembakaran lemak pada area perut semakin optimal. Dengan olah raga rutin, penimbunan lemak lebih mudah dihilangkan secara alami dan sehat.


6. Hindari stress

Banyak yang tidak menyadari bahwa stress berkaitan erat dengan penimbunan lemak pada area perut. Hal ini disebabkan stress yang Anda alami dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin. Dua hormon ini akan membuat penumpukan lemak pada area perut. Jadi, sangat dianjurkan untuk melakukan manajemen stress bagi Anda.


7. Biasakanlah selalu bergerak secara aktif

Dengan membiasakan diri bergerak aktif, maka proses pembakaran lemak pada area perut lebih cepat dan semakin optimal. Sebagai contoh, pergi ke tempat kerja yang tak terlalu jauh dengan bersepeda, berbelanja ke supermarket dengan berjalan kaki bila masih dalam jarak yang relatif dekat, serta lebih memilih naik tangga daripada naik lift di dalam bangunan bertingkat.






















































No comments:

Post a Comment