Monday 11 January 2016

Berteman Di Dunia Nyata Dapat Hindari Diabetes dan Hipertensi





Pertemanan di dunia maya sangat lazim dilakukan anak muda saat ini. Melalui media sosial seperti facebook, twitter, path, instagram dan lain sebagainya, seseorang dapat memiliki jutaan teman atau follower di dunia maya. Akan tetapi, tahukah Anda, bahwa berteman hanya di dunia maya dan tidak memiliki teman di dunia nyata, akan membahayakan kesehatan ?

Kathleen harris, seorang ilmuwan sekaligus profesor dari Universitas Carolina Utara, Chapel Hill, Amerika Serikat menekankan pentingnya para remaja dan orang dewasa agar dimotivasi untuk mebangun hubungan sosial (pertemanan) yang nyata.

Dari sebuah penelitian yang dirilis Indian Express (11-1-2016), menemukan bahwa penuaan akan lebih lama, jika seseorang dapat memiliki banyak koneksi sosial. Secara khusus, para peneliti menemukan bahwa jaringan dan pertemanan sosisl di dunia nyata dapat memberikan pengaruh posistif terhadap kesehatan, baik pada awal maupun pada akhir masa dewasanya.

Hasil studi ini diperoleh para peneliti dengan mengambil data dari empat survei nasional yang dilakukan oleh Negara amerika Serikat. Populasi yang menjadi obyek penelitian telah dianggap mewakili masyarakat yang memiliki usia muda hingga usia tua. 


Hasil penelitian tersebut antara lain:

  • Bagi seorang remaja yang melakukan isolasi sosial, akan mengalami resiko peradangan dengan jumlah yang sama seperti aktifitas fisik. 
  • Adapun bagi mereka yang tidak dapat membaur dengan lingkungan sosialnya, maka akan menagalami resiko obesitas pada bagian perutnya.
  • Bagi orang dewasa yang mengisolasi diri dengan dunia luar, maka akan mengalami resiko lebih berbahaya dari penyakit diabetes dan penyakit hipertensi
  • Bagi mereka yang berada pada usia pertengahan dewasa, bukan lagi masalah seberapa banyak koneksi saat berhubungan dengan orang lain, akan tetapi lebih pada dukungan sosial dan tekanan yang diberikan oleh koneksi sosialnya, yang akan berpengaruh pada kesehatannya.
Jadi, dengan lebih banyak memiliki teman di dunia nyata, kualitas kesehatan Anda juga akan semakin baik.





































No comments:

Post a Comment