Saturday 23 January 2016

12 Macam Aroma yang Menyehatkan Pikiran





Sejak jaman dahulu manusia telah memanfaatkan berbagai macam aroma tertentu untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Berbagai macam aroma tersebut selain menstimulasi otak dan pikiran agar menjadi lebih tenang, juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut adalah berbagai macam aroma yang dipercaya dapat menyehatkan pikiran, antara lain:


  1. Aroma Teh. Wangi daun teh yang diseduh air panas dapat memberikan sensasi menenangkan pikiran serta dipercaya dapat membantu membangun mood yang lebih baik agar dapat tidur nyenyak saat dihirup menjelang tidur malam hari.
  2. Aroma Vannila. Aroma vannila dipercaya dapat merangsang nafsu makan serta memberikan stimulasi pada otak untuk membangun semangat dalam beraktivitas, serta mengusir rasa lelah pada pikiran.
  3. Aroma Mawar. Baunya yang semerbak, membuat aroma mawar sering digunakan untuk  campuran air mandi, spa dan perawatan kecantikan lainnya. Selain itu, aroma mawar juga banyak digunakan sebagai aromaterapi guna menstimulasi pikiran agar pada saat tidur mendapatkan mimpi yang baik.
  4. Aroma Kopi. Hampir semua orang menyukai aroma khas dari seduhan kopi panas. Aroma kopi ini dipercaya dapat memberikan sensasi menyenangkan untuk menumbuhkan semangat dan energi pada pagi hari, dan menghilangkan lelah usai beraktivitas.
  5. Aroma Lavender. Aroma lavender telah banyak dimanfaatkan sebagai obat pengusir nyamuk sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Akan tetapi, saat ini aroma lavender juga dimanfaatkan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran.
  6. Aroma Jeruk. Selain memiliki aroma yang menyegarkan, aroma jeruk banyak dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk mengatasi perasaan mual dan ingin muntah. Bau yang dihasilkan dari buah jeruk ini sangat dianjurkan untuk digunakan pada saat Anda bepergian jauh.
  7. Aroma Melati. Sebagian orang memang mengaitkan aroma melati dengan acara pernikahan dan ritual tertentu. Akan tetapi, aroma ini ternyata juga dapat memberikan mood yang baik serta menambah kualitas tidur lebih baik. Untuk mendapatkan hasil optimal, beberapa orang juga menggunakan kombinasi aroma teh melati.
  8. Minyak Kayu Putih. Selain menyegarkan, aroma kayu putih juga banyak dimanfaatkan sebagai pelega hidung tersumbat karena pilek. Aroma kayu putih juga dipercaya dapat meringankan sakit akibat telinga berdengung akibat kedinginan. Caranya cukup sederhana. Teteskan minyak kayu putih pada selembar kain, dan hiruplah aromanya.
  9. Aroma Kayu Cendana. Aroma ini sangat populer karena banyak dimanfaatkan dalam berbagai benda souvenir yang mahal harganya. Selain harumnya yang semerbak, manfaat lain dari aroma kayu cendana adalah memberikan efek menenangkan pikiran serta dipercaya dapat menambah daya konsentrasi.
  10. Aroma Cokelat. Selain dikenal sebagai pembangkit gairah asmara (afrosidiak), aroma cokelat jugaperangsang nafsu makan yang baik. Dengan menghirup aroma ini, seseorang sudah pasti tergoda untuk memakan cokelatnya. Adapun manfaat lain untuk pikiran adalah memberikan sensasi menenangkan, mengurangi rasa sakit, perasaan cemas, serta meredakan stress akibat banyak pekerjaan dan aktivitas lainnya.
  11. Aroma Mint. Aroma ini dipercaya dapat memberikan efek segar serta membantu menjernihkan pikiran. Selain itu, aroma mint dapat meningkatkan daya konsentrasi serta menumbuhkan semangat saat beraktivitas berat.
  12. Aroma Jahe. Selain memiliki efek menghangatkan tubuh, aroma jahe juga dapat memberikan mood yang baik, menambah nafsu makan serta dapat memberikan sensasi gembira dan semangat dalam menjalani aktivitas.


No comments:

Post a Comment