Saturday 16 January 2016

Yuk Cari Tahu, Posisi Duduk Yang Sehat dan Benar





Duduk, adalah aktivitas yang paling sering kita lakukan. Karena telah menjadi aktivitas rutin, maka banyak yang menganggap sepele tentang posisi duduk yang sehat dan benar. Tapi, jangan salah. Posisi duduk yang tidak benar, akan mengakibatkan gangguan kesehatan dan nyeri pada punggung. bahkan dalam jangka panjang, posisi membungkuk saat duduk dapat merubah postur tubuh Anda berubah dan tidak tegap. 

Nah, biar tidak salah lagi dalam posisi duduk, berikut ini cara duduk yang sehat dan benar, yang diolah dari berbagai sumber:


1. Luruskan kaki setelah duduk bersila

Berkumpul bersama teman-teman dengan duduk bersila sambil menikmati banyak hidangan di atas lantai atau karpet, memang asyik banget. Tapi sebaiknya jangan terlalu lama Anda lakukan. Karena pada posisi duduk bersila, peredaran darah pada area kaki jadi tidak lancar.

Akibatnya, kaki Anda akan mudah merasa kesemutan setelah sekian lama duduk bersila. Untuk mengatasinya, segera luruskan kaki Anda, dan coba berdiri untuk berjalan atau membuat gerakan-gerakan ringan untuk memperlancar peredaran darah serta membakar kalori dalam tubuh. Pastikanlah peredaran darah Anda telah lancar, sebelum duduk bersila lagi.


2. Saat duduk di kursi, sebaiknya sandarkan punggung Anda

Duduk dalam posisi tegak memang terlihat lebih baik dan sopan bagi orang lain yang melihatnya. Tapi bagi yang merasakan posisi duduk seperti itu, tentu akan melelahkan. Maka sebenarnya, cara duduk yang sehat dan benar adalah setengah bersandar dan tidak terlalu tegak.Karena saat Anda tidak menyandarkan tubuh pada kursi, maka tulang punggung Anda akan stres, dan badan menjadi kaku. 

Mengacu pada sebuah hasil study yang dilakukan di Rumah Sakit Woodend, sebagaimana dimuat dalam livestrong, posisi duduk yang sehat dan benar adalah yang membentuk sudut 135 derajat, serta posisi kaki dalam keadaan menapak lantai. Posisi duduk yang sangat rileks ini juga sangat dianjurkan pada saat And bekerja di belakang meja. Dengan posisi duduk membentuk sudut 135 derajat, maka tubuh Anda tidak gampang capek serta mudah mengalami stres pada punggung.


3. Ketinggian kursi disesuaikan dengan penggunanya

Untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan Anda, sebaiknya gunakanlah kursi yang dapat diatur ketinggiannya sesuai postur tubuh. Hindarilah kursi yang terlalu tinggi yang akan membuat kaki Anda tampak menggantung, atau kursi yang terlalu rendah yang akan membuat postur tubuh Anda jadi membungkuk.

4. Jangan terlalu lama dalam posisi duduk

Bagaimanapun nyamannya Anda saat duduk, tetap dianjurkan untuk tidak terlalu lama dalam posisi ini. Karena duduk terlalu lama, hingga beberapa jam akan menyebabkan:

  • Sirkulasi darah tidak lancar
  • Pernapasan kurang lega
  • Penumpukan lemak pada perut dan pinggang
  • Membuat Anda semakin malas untuk aktif bergerak
Untuk mengimbanginya, lakukanlah pelemasan otot dengan berjalan-jaln setiap 15 menit atau 30 menit sekali setelah Anda duduk.


5. Hindarilah kursi yang terlalu empuk atau terlalu keras

Dengan memastikan kursi yang Anda duduki memiliki desain yang ergonomis dan nyaman, maka berarti Anda telah menjaga kesehatan tulang punggung dan pinggang Anda. Kursi yang terlalu empuk atau terlalu keras, selain kurang nyaman, juga dapat membuat badan menjadi kaku serta tulang pinggang mengalami stress.


6. Pilihlah kursi yang memiliki pegangan pada kedua sisinya

Kursi yang memiliki pegangan (armrest chair), selain lebih menarik dari segi estetika, juga memiliki fungsi kesehatan bagi pemakainya. Dengan menggunakan kursi yang memiliki pegangan pada kedua sisinya, maka Anda dapat mengistirahatkan otot-otot lengan serta badan Anda tidak akan mudah kaku dan kelelahan.


7. Hindari posisi duduk melorot (bermalas-malasan)

Dengan posi duduk yang bermalas-malasan (tidak sesuai sudut 135 derajat) maka akan menyebabkan nyeri punggung dan badan menjadi kaku. Memang posisi bermalas-malasan ini sekilas tampak nyama, akan tetapi Anda akan merasa sakit setelah bangun dari duduk Anda.
























No comments:

Post a Comment