Thursday 21 January 2016

Benarkah Mandi Pada Malam Hari Sebabkan Rematik ?





Pernahkah Anda terlalu sibuk beraktivitas atau sedang bepergian  hingga tak sempat mandi hingga pada malam harinya ?  Lalu apa yang Anda pilih, tetap mandi dengan perasaan kwatair terkena rematik atau cukup cuci muka dengan resiko badan jadi gatal-gatal ?


Apakah penyakit rematik itu ?

Secara sederhana, rematik dapat diartikan sebagai penyakit yang mengenai jaringan sendi dan cenderung bersifat menahun. Pada umumnya penyakit tersebut menyerang jaringan persendian, seperti daerah pinggang, siku, lutut dan daerah pergelangan kaki.


Apa yang menjadi penyebab rematik ?

Penyakit rematik dapat disebabkan oleh:
  • Serangan virus
  • Proses penuaan (secara alami)
  • Cidera yang mendadak (karena kecelakaan, jatuh, dan lain sebagainya)

Benarkah mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik ?

Rematik yang disebabkan oleh karena seseorang mandi pada malam hari, ternyata hanyalah mitos. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Prof. dr. handoko kalim, Sp. PDKR, yang juga menjabat sebagai Indonesia Rheumatology Association (IRA) kepada ghiboo.com, beberapa waktu yang lalu.


Lebih lanjut Prof. Handoko menegaskan bahwa sesungguhnya rematik dan mandi pada malam hari itu tidak ada hubungannya. Dan mandi pada malam hari tidak akan menyebabkan seseorang terkena penyakit rematik.

Masih menurut pakar penyakit rematik tersebut, tidak seharusnya kita menyalahkan aktivitas mandi pada malam hari sebagai penyebab terjadinya penyakit rematik. Jika memang harus mandi pada malam hari, tak mengapa. Beliau hanya mengingatkan bahwa suhu air yang dingin atau udara dari AC dapat menyebabkan saraf mengerut, sehingga memicu ambang kepekaannnya menurun. Yang terjadi selanjutnya, ketika ambang kepekaan menurun, maka saat terkena rangsangan sedikit saja kan menimbulkan rasa nyeri saat kita mandi pada malam hari.

Jadi, sangat dianjurkan bagi Anda yang terpaksa harus mandi pada malam hari, agar menggunakan air hangat, agar lebih nyaman pada kulit Anda. Selan itu manfaat lain dari air hangat adalah dapat mengendurkan urat saraf Anda. Maka Anda dapat tidur pada malam harinya dengan pulas.
















No comments:

Post a Comment