Monday 18 January 2016

Normalkah Susah BAB Saat Bepergian ?





Bagi beberapa orang, aktivitas buang air besar (BAB) menjadi sukar dilakukan saat dalam kondisi bepergian. Fenomena konstipasi atau susah buang air besar tersebut sebelumnya tak pernah dialami saat mereka masih berada di rumah tempat tinggalnya. Tapi, bagi Anda yang pernah mengalaminya tak perlu khawatir. Ini adalah hal yang normal terjadi pada kebanyakan orang.

Seorang pakar bedah usus dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat, Dr. Brooke Gurland menjelaskan bahwa fenomena tersebut sangat wajar, karena sesungguhnya semua orang sangat dipengaruhi oleh kebiasaannya. Sebagaimana dikutip NY Times (19-1-2016), Brooke menyatakan bahwa semua orang telah memiliki jadwal khusus untuk melakukan buang air besar.

Nah, pada saat seseorang bepergian, maka jadwal BAB-nya akan terganggu. Selanjutnya yang terjadi adalah usus besar akan menjadi terganggu fungsinya. Maka yang terjadi adalah gangguan atau konstipasi pada BAB-nya.


Adapun penyebab konstipasi atau susah buang air besar adalah antara lain:

  • Perubahan kebiasaan jam BAB akibat sedang bepergian
  • Perubahan menu makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari
  • Perubahan zona waktu yang mengakibatkan jam tubuh kacau dan menyebabkan jadwal BAB berubah dari biasanya
  • Rasa tidak nyaman saat menggunakan toilet umum atau toilet yang ada di hotel. Hal ini juga akan berakibat pada usus besar yang menjadi tegang, dan akhirnya kotoran yang terdapat di dalam usus menjadi tersumbat
  • Menahan BAB sebelum sampai ke tempat tujuan. Hal ini ternyata juga beresiko. Karena sekali saja Anda menahan BAB, maka kotoran akan mengering dan tidak akan menimbulkan rasa mulas yang Anda perlukan untuk melakukan BAB

Tips menghindari konstipasi saat bepergian

Sebagai pamungkas, Brooke memberikan tips agar Anda dapat terhindar dari konstipasi saat bepergian, yaitu: Pastikan Anda membawa makanan ringan yang kaya akan serat serta air putih yang cukup, agar BAB tetap lancar.

No comments:

Post a Comment