Wednesday 6 January 2016

Alarm Bau, Solusi Untuk Bangun Pagi





Anda bosan dan bahkan tak lagi nyaman dengan suara berisik alarm jam Anda ? Atau justru Anda tak lagi terbangun 'hanya' dengan suara berisik alarm Anda ? Jangan khawatir, karena para ilmuwan telah mengembangkan cara baru yang dipercaya lebih efektif untuk membangunkan Anda pada pagi hari. Alarm bau kini akan segera menggantikan alarm suara jika dipandang lebih efektif untuk membangunkan seseorang di pagi hari.

Seperti Anda ketahui, bahwa pengaruh bebauan terhadap pola tidur seseorang, sudah sering menjadi objek penelitian. Bahkan dari beberapa hasil study tersebut, telah dikembangkan menjadi beberapa prototype produk alat yang dapat mempengaruhi pola tidur seseorang.

Salah satu produk tersebut, semisal Sleepion, adalah alat bantu untuk membuat Anda mudah tertidur yang dibuat oleh perusahaan Cheero asal Jepang. Bahkan hasil penelitian pada tahun 2005 menunjukkan bahwa minyak aromaterapi yang digunakan Sleepion terbukti efektif meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hanya saja, penelitian ini tidak melibatkan ilmuwan independen dan hanya melibatkan 31 orang relawan penelitian.

Kini, sebuah produk lain tengah dikembangkan, dengan nama SensorWake. Berkebalikan dengan Sleepion, yang membantu orang untuk mudah tidur, maka SensorWake akan berfungsi untuk membangunkan orang tidur, walaupun kedua alat ini memiliki prinsip kerja yang sama, yakni menggunakan rangsan bebauan pada manusia.

Cara kerja SensorWake untuk membangunkan seseorang, tentu tidak menggunakan minyak aromaterapi biasa. Alat ini mengandalkan aroma cokelat, peppermint dan espresso. Sebagaimana dirilis oleh Livescience (6-1-2016), bebauan tersebut dikemas dalam bentuk kapsul. Setiap kapsul dapat Anda gunakan untuk keperluan satu bulan.

SensorWake ini masih dalam tahap pengembangan. Oleh karenanya alat ini dilengkapi dengan alarm bunyi sebagai cadangan, apabila orang yang akan menghirupnya tidak juga terbangun dalam 3 menit. Anda ingin tahu hasil uji cobanya ? Dengan melibatkan 1.000 orang relawan, didapati 3 orang relawan yang tidak terbangun, karena pilek. Oooaalah .....



















No comments:

Post a Comment