Monday 14 December 2015

Tips Mencegah Terjadinya Bullying pada Anak






Maraknya kasus bullying sebagian besar disebabkan kurangnya penanaman nilai moral yang baik dari keluarga. Kasus bullying bisa jadi permasalahan yang serius yang perlu dicegah, terutama apabila menimpa anak-anak di bawah umur yang akan memberi pengaruh negatif pada proses tumbuh kembang anak.


Apa itu bullying ?

Definisi bullying menurut Victorian Departement of Education and Early Childhood Development adalah: Sekelompok orang atau seseorang yang mengganggu atau mengancam keselamatan dan kesehatan seseorang, baik secara fisik, maupun psikologis. Tindakan ini termasuk mengancam properti, reputasi atau penerimaan sosial seseorang serta dilakukan secara terus berulang dan terus menerus.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, bullying dapat diartikan sebagai salah satu bentuk dari perilaku agresif dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menggangu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya.


Adapun tips mencegah terjadinya bullying adalah sebagai berikut:

  • Orang tua selalu menanamkan rasa percaya diri pada anak
  • Orang tua selalu melakukan pengawasan saat anak berada di tempat umum
  • Orang tua selalu mencurahkan perhatian dan berbicara terbuka dengan anak

Pada akhirnya, peran keluarga sangat penting dalam meproteksi terjadinya kasus bullying pada anak. Melalui keluarga, anak diajarkan pemahaman kesetraan dan tanggung jawab sosial. Dengan pemahaman yang benar dan bimbingan yang intens dari keluarga, maka bukan hanya anak akan terhindar dari tindak bullying dari teman dan lingkungannya, namun lebih dari itu, akan terwujud generasi yang tangguh dan membawa kemajuan bagi bangsa dan negaranya. Semoga.


No comments:

Post a Comment