Monday 28 December 2015

Meningkatkan Performa Latihan ? Cukup Minum Kopi




Beberapa hasil study yang telah banyak diketahui secara luas adalah zat kafein yang mampu membuat performa atlet lebih baik. Akan tetapi zat kafein ini dikonsumsi dalam bentuk murni (pil), bukan dalam seduhan kopi. Hal ini diduga karena ada kemungkinan senyawa lain dalam minuman kopi yang berperan menghambat kerja zat kafein.

Nah, saat ini telah dirilis hasil penelitian terbaru berkaitan dengan hal tersebut. Para peneliti dari University of Georgia,  Amerika Serikat telah melakukan pengkajian literatur antara kopi dan latihan ketahanan tubuh (endurance training). Penelitian yang dipimpin oleh Simon Higgins tersebut mengkaji lebih dari 600 study tentang kopi dan 9 study yang spesifik mempelajari hubungan antara kopi dan performa olah raga.

Adapun latihan ketahanan tubuh dapat diartikan sebagai bentuk olah raga untuk meningkatkan stamina seseorang. Latiha tersebut biasanya  menitikberatkan pada kerja sistem kardiovaskular dan pernapasan.

Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa dengan mengonsumsi 2 sampai dengan 5 cangkir kopi atau 3 sampai 7 miligram kafein, satu jam sebelum melakukan olah raga, dapat meningkatkan performa latihan ketahanan sampai 24 %. Dengan kata lain, Anda tak perlu meminum pil kafein.

Dengan hasil penelitian ini, bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu seseorang dalam meningkatkan performa latihan ketahanan tubuh, sama seperti jika ia mengonsumsi pil kafein. Demikian penjelasan Simon, yang telah dipublikasikan melalui  laporannya di International of Sport Nutrition and Exercise Metabolism pada Medical News Today, 29 Desember 2015. 

No comments:

Post a Comment