Monday 21 December 2015

Kesulitan Buka Tutup Botol, Mungkin Saraf Anda Terganggu




Jangan sering menyepelekan hal-hal yang kecil. Contohnya jika Anda sering kesulitan membuka tutup botol dengan tangan kosong. Jangan anggap remeh, bisa jadi hal tersebut adalah gejala gangguan saraf yang menjadi penyebabnya.

Mengutip penjelasan dari dr. Margareta Arianni, SpOT, konsultan Hand and Microsurgery dari RS Premier Bintaro (21-12-2015), menyebutkan bahwa terdapat banyak kemungkinan penyebab seseorang kesulitan membuka tutup botol dengan tangan kosong. salah satunya adalah terjadinya gangguan saraf yang dalam istilah medis disebut dengan Carpal tunnel syndrome.

Selanjutnya, dr Margareta menambahkan bahwa saraf untuk mengangkat jempol, disebut gerakan oposisi jempol tersebut terganggu, dalam sebuah acara temu media di FX Senayan, Jakarta Selatan. Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa gangguan pada saraf tersebut dapat mengakibatkan kerusakan. 

Adapun dampak dari gangguan tersebut adalah: otot-otot di sekitarnya mengecil, sehingga sulit melakukan gerakan-gerakan matorik halus seperti:

  • Gerakan-gerakan menjepit atau pinching
  • Memasang peniti pada baju
  • Memasang kancing baju
  • dan gerakan motorik halus lainnya
Sebagai informasi tambahan, selain carpal tunnel syndrome, kemungkinan penyebab yang lain adalah de querbain tenosynovitis. Gangguan tersebut kan menyebabkan tendon atau pangkal otot mengalami rasa sakit akibat radang. Hal ini kan menyebabkan pasien memiliki gerakan yang terbatas.

Anjuran yang disampaikan dr. Margareta, guna memastikan penyebab gangguan ini, agar penderita memeriksakan dirinya ke dokter spesialis saraf. Akan tetapi yang pasti, bahwa setiap gerakan selalu membutuhkan koordinasi yang baik antara otot, saraf dan persendian. Oleh karena itu, penyebab gangguan tersebut juga dapat bermacam-macam.


























No comments:

Post a Comment