Wednesday 16 December 2015

Redakan Stress Dengan Berbuat Kebaikan





Tahukah Anda, berbuat kebaikan, bukan saja merupakan tindakan terpuji, Tetapi juga dapat meredakan stress ? Sebuah hasil penelitian di Yale University dan University of California, Los Angeles (UCLA) menyimpulkan bahwa melakukan bantuan kecil dan kebaikan pada orang lain dapat bermanfaat untuk :

  • Meningkatkan kondisi kesehatan mental
  • Meningkatkan emosi positif
  • Meredakan stress
Profesor psikiatri di Yale Universty School of Medicine, Emily Ansell beserta tim peneliti lainnya meminta 77 orang usia 18 sampai 44 tahun untuk memanfaatkan smartphone guna melaporkan bagaimana perasaan mereka sehari-hari, selama 2 minggu. Dalam aplikasi smartphone tersebut terdapat pengingat, bahwa peserta harus melaporkan kejadian yang dialami dan membuat stress, baik itu di dalam rumah, sekolah, tempat kerja atau tempat lainnya, baik berupa masalah finansial atau kesehatan.

Sebagaimana dilansir CBS News (16/12/2015), Ansell menyatakan jumlah kejadian yang menyebabkan peserta stress menjadi ukuran tingkat stress harian peserta. Selain itu, mereka diminta melaporkan kegiatan yang bersifat kebaikan atau membantu orang lain, antara lain:
  • Membukakan pintu untuk orang lain
  • Membantu anak mengerjakan PR-nya
  • Meminjamkan uang atau barang
  • Menawarkan bantuan pada orang yang membutuhkan
  • dan lain-lain
Lebih lanjut, Ansell dan timnya meminta para relawan mengisi survei harian untuk mengukur emosinya dan menilai kesehatan mental mereka dari skala 0 sampai 100. Hasilnya, sungguh menakjubkan. Para relawan yang berbuat kebaikan dan membantu orang lain, menunjukkan emosi positif saat mereka menghadapi stress.

Ansell berkesimpulan, bahwa ketika seseorang melakukan satu, dua, atau lebih kebaikan setiap harinya, maka ia kan merasakan keadaan emosinya lebih baik saat menghadapi masalah yang berpotensi menimbulkan stress. Ini disebabkan oleh perasaan yang bersangkutan bahwa, dirinya merasa berguna, dan itu meningkatkan harga diri orang tersebut. Alhasil, suasana hati orang yang bersangkutan akan merasa lebih baik, termasuk di saat ia menghadapi stress.

Jadi, agar Anda terhindar dari stress, berbuatlah baik selalu.






















No comments:

Post a Comment