Wednesday 23 December 2015

Lakukan Beberapa Hal Ini, Agar Tetap Semangat Setelah Bangun Tidur




Apakah Anda selalu bersemangat setelah bangun tidur ?  Apakah Anda mersakan peningkatan konsentrasi dan lebih fokus setelah bangun tidur ? Jika jawaban Anda adalah 'tidak', maka lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini, untuk membuat hari-hari Anda bersemangat setelah bangun tidur:


1. Jangan berpikir untuk melanjutkan tidur lagi setelah mematikan alarm

Mematikan alarm jam weker dan berpikir bahwa Anda dapat meneruskan tidur 5 lagi, adalah kebiasaan buruk. Ingatlah, ketika Anda sudah terlanjur bangun dari tidur, kemudian mencoba tidur lagi selama beberapa menit, maka otak Anda cenderung telah masuk ke dalam mode 'tidur lelap' kembali. Akibatnya, saat Anda terbangun kembali nanti, maka yang terasa adalah badan menjadi lesu dan Anda akan menguap seharian.


2. Segeralah membuka jendela kamar tidur untuk melihat panorama pagi

Panorama dan udara pagi dapat membuat mata Anda lebih segar, serta membuat perasaan akan bersemangat sepanjang hari. Ucapkanlah do'a syukur kepada Allah SWT, karena telah membangunkan Anda dan memberikan umur yang panjang.


3. Minumlah air putih yang segar setelah bangun tidur

Meminum segelas air putih yang segar setelah bangun tidur, akan membuat Anda terbebas dari rasa dahaga dan lelah secara fisik dan mental. Jadi, biasakanlah sebelum Anda tidur untuk menyiapkan segelas air putih di samping tempat tidur Anda.


4. Buatlah rencana sederhana mengenai apa yang akan Anda lakukan hari ini

Dengan membuat gambaran kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan, maka tidak saja akan membantu Anda menjalani hari ini, akan tetapi juga akan memberikan sugesti positif dalam pikiran untuk menjalani aktivitas dengan bersemangat.


5. Lakukan peregangan secukupnya

Biasakanlah setelah terbangun dari tidur, untuk melakukan peregangan atau aktivitas fisik lainnya selama 45 menit. Bagi Anda yang seorang muslim, tentu bangun tidur di pagi hari akan dilanjutkan dengan aktivitas mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat Subuh. Adapun tujuan peregangan dan melakukan aktivitas pagi tersebut adalah untuk mengurangi rasa pusing dan kantuk ketika Anda terbangun di pagi hari.


6. Nikmati sinar matahari pagi

Anda masih juga merasa ngantuk setelah bangun dari tidur ? Cobalah berjalan-jalan menikmati sinar matahari pagi untuk mengatasinya. Sinar matahari pagi sangat berguna menghilangkan rasa kantuk, karena akan membuat kadar melatonin (hormon yang membuat tubuh mengantuk) berkurang.

Selamat mencoba.























No comments:

Post a Comment