Sunday 27 December 2015

Makan Sambil Nonton TV Bisa Bikin Gemuk





Kebiasaan makan sambil menonton televisi dapat mengakibatkan berat badan Anda bertambah, alias gemuk. Lho kok bisa ?  Hal ini disebabkan saat Anda menonton televisi, maka fokus Anda lebih tertuju pada acara televisi, sehingga makanan yang Anda makan bisa jadi lebih banyak dari yang seharusnya Anda butuhkan.

Akan tetapi, jangan khawatir, ada cara sederhana untuk mengubah kebiasaan tersebut. Caranya adalah: Siapkan cermin di depan meja makan Anda, saat akan menyantap makanan. Benar, karena dalam sebuah hasil penelitian dari University of Central Florida, yang dilakukan oleh Dr. Ata Jami, menyimpulkan bahwa makan hidangan di depan cermin, akan membuat Anda menjadi lebih mudah mengontrol nafsu makan. Artinya, dengan keberadaan cermin tersebut, maka Anda akan enggan mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara melibatkan sukarelawan yang diminta untuk makan kue cokelat sambil bercermin. Setelah diteliti, maka didapatkan bahwa para relawan mengaku kehilangan nafsu makan kue dalam jumlah banyak, menjadi berkurang.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah: karena sebagian besar orang merasa tidak nyaman melihat diri mereka sendiri makan makanan yang tidak sehat (junk food) dalam jumlah banyak. Lebih lanjut, Dr. Ata Jami menjelaskan bahwa cermin akan memperlihatkan bagaimana kondisi seseorang saat makan. Hal ini memungkinkan mereka merasa untuk melihat diri mereka sendiri secara objektif, serta menilai perilakunya.

Penelitian yang telah dirilis oleh Journal of The Association for Consumer Research (26-12-2015), tersebut, dapat diartikan satu hal: Bahwa dengan melihat makanan yang ada di piring, dan memakannya sambil bercermin, maka akan membuat Anda lebih cepat kenyang secara psikis. Dengan demikian, Anda akan makan dengan 'kesadaran penuh' sehingga tak akan berlebihan menyantap makanan Anda.

No comments:

Post a Comment