Friday 25 December 2015

7 Penyebab Orang Mudah Gemuk





Penyebab kegemukan tidak melulu disebabkan karena makanan berlemak yang kita konsumsi. Ternyata terdapat banyak kebiasaan dan perilaku kita yang menyebabkan masalah kegemukan mudah muncul. Beberapa diantaranya adalah terlalu banyak megonsumsi gula dan karbohidrat. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, setidaknya terdapat 7 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan orang mudah gemuk, yaitu:


1. Mudah terpengaruh dengan iklan makanan yang bebas lemak atau rendah kalori

Untuk mencegah terjadinya kegemukan (obesitas), maka Anda tidak boleh mudah percaya pada iklan makanan yang bebsa lemak atau rendah kalori. Iklan tersebut dapat mempengaruhi pola pikir Anda, untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Padahal sejatinya makanan tersebut hanya mengganti lemak dengan karbohidrat yang berkadar rendah.

Tanpa Anda sadari, karbohidrat ternyata sangat mudah dicerna oleh tubuh. Maka yang terjadi kemudian adalah: jika Anda telah mengonsumsinya, maka Anda akan tergoda lagi untuk menambah porsi makanan Anda, karena merasa belum kenyang.


2. Melakukan diet tanpa berkonsultasi dengan ahli nutrisi

Program diet yang gagal, disebabkan oleh kebanyakan orang yang melakukannya mengabaikan peran ahli nutrisi yang dapat membantu dalam mengontrol pelaksanaan program diet. Tanpa keterlibatan ahli nutrisi, maka dipastikan Anda akan kesulitan dalam menentukan alternatif makanan yang dibutuhkan selama menjalani program diet.

Jadi, sebaiknya sebelum Anda melakukan diet, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahli nutrisi yang profesional dan memiliki kompetensi yang baik di bidangnya. Percayalaha, bahwa uang yang Anda keluarkan untuk biaya konsultasi dan pendampingan, akan sebanding dengan kesehatan dan keindahan tubuh yang akan Anda peroleh.


3. Tidak memiliki waktu istirahat yang cukup

Kebiasan kurang tidur, atau memiliki kualitas tidur yang buruk, dapat menimbulkan masalah kesehatan pada diri Anda. Sebagai contoh, apabila Anda tidur malam kurang dari 5 jam, setiap malam, maka dampak yang nyata adalah terjadinya penimbunan lemak berlebih pada tubuh.


4. Kebiasaan makan dengan terburu-buru

Banyak yang tidak menyadari bahwa makan dengan sikap terburu-buru, akan mengakibatkan penimbunan 66 kalori lebih banyak di dalam tubuh, dibandingkan dengan mengunyah makanan secara perlahan-lahan. Penjelasannya adalah: Dengan makan secara terburu-buru, maka jumlah makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh justru menjadi lebih banyak.  

Sebaiknya makanlah dengan sikap tenang. Kunyahlah makanan yang berda di dalam mulut secara perlahan-lahan. Selain makanan menjadi lebih mudah dicerna, Anda juga akan lebih cepat merasa kenyang. hal ini disebabkan karena otak manusia memerlukan waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang setelah makanan tersebut dikonsumsi.


5. Kurang dalam mengonsumsi air putih

Kekurangan konsumsi air putih juga dapat memicu timbulnya kegemukan. Hal ini dikarenakan oleh beberapa alasan sebagai berikut:

  • Minum 2 gelas air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan berlebih
  • Minum 6 gelas air per hari, dapat mengurangi 50 kalori tubuh
  • Air putih berfungsi membantu proses metabolisme tubuh

6. Kebiasaan minum soda secara berlebihan

Pemicu kegemukan yang paling umum tidak hanya dipicu oleh lemak dan karbohidrat. Akan tetapi juga dipicu oleh konsumsi gula atau fruktosa yang tinggi. Dalam hal ini, minuman soda atau berkarbonasi dipercaya sebagai biang keladi terjadinya obesitas atau kegemukan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah study, bahwa meminum satu atau dua gelas soda per hari, akan meningkatkan resiko obesitas sampai dengan kisaran 33 %.


7. Tergoda promo restoran

Kebanyakan orang akan 'kalap', ketika menjumpai promo dan diskon harga makanan di restoran-restoran. Kalau sudah begini, maka hati-hatilah. Pesanlah makanan dalam porsi yang wajar saja, agar makanan yang masuk masih dalam kemampuan pencernaan Anda. 























No comments:

Post a Comment