Monday 1 February 2016

7 Faktor Penyebab Darah Tinggi






Kita sangat sering mendengar istilah 'darah tinggi' (hipertensi). Sekilas, penyakit ini telah dianggap lumrah di kalangan masyarakat dan tak banyak yang mengkhawatirkannya. Akan tetapi, jika melihat fakta medis, penyakit darah tinggi ternyata dapat memicu berbagai macam penyakit lain pada tubuh manusia. Bahkan pada beberapa kasus, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat membuat pecahnya pembuluh darah otak, yang berakibat pada serangan stroke.


7 Faktor Penyebab Darah Tinggi


1. Aktifitas fisik yang tidak teratur

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan hidup serta semakin besarnya tekanan pekerjaan, banyak orang yang mengabaikan kesehatan. Aktifitas pekerjaan yang tidak teratur dan kurangnya olah raga sudah menjadi kelaziman di kalangan masyarakat. Akibatnya banyak orang yang mudah terkena darah tinggi.


2. Mengonsumsi bahan makanan bersodium tinggi

Pemicu lain terjadinya penyakit darah tinggi adalah berasal dari bahan makanan yang mengandung banyak sodium. Zat sodium dalam makanan bertanggung jawab terhadap penimbunan cairan dan memberikan tekanan ekstra pada pembuluh-pembuluh darah. Selanjutnya kondisi yang demikian, akan menyebabkan terjadinya penyakit darah tinggi.


3. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Sangat dianjurkan untuk memperhatikan menu makanan Anda, karena beberapa jenis makanan tergolong tidak sehat bahkan dapat memicu terjadinya penyakit darah tinggi. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain:

  • Makanan yang mengandung kadar garam tinggi
  • Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi
  • Berbagai makanan olahan, terutama keju yang telah mengalami fermentasi dalam jangka waktu lama
  • Beberapa jenis makanan di dalam kemasan, terutama yang mengandung banyak MSG

4. Pembuluh darah kehilangan daya elastisitasnya

Ketika pembuluh darah kehilangan daya elastisitasnya, maka pembuluh darah juga akan rentan mengalami cidera. Dalam kondisi seperti ini, jantung akan dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Keadaan seperti ini akan memunculkan fenomena silent killer.


5. Kekurangan makanan yang berserat tinggi

Cara paling mudah untuk menghindari penyakit darah tinggi adalah dengan memperbanyak makanan yang mengandung banyak serat. Selain berguna membuang racun (toksin) dari dalam tubuh, makanan kaya serat dapat mencegah timbulnya hipertensi. Sangat dianjurkan untuk mengonsusmi wortel, bit, semangka dan aneka jus buah.


6. Menjalani diet yang salah

Dalam beberapa kasus, penyebab darah tinggi juga diakibatkan oleh diet yang salah. Akibatnya menu makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Akibatnya, kekurangan beberapa jenis nutrisi akan memicu darah tinggi.


7. Perasaan cemas dan stress

Selain faktor fisik, penyakit darah tinggi juga dapat dipicu faktor psikis, Perasaan cemas, kekhawatiran yang berlebihan serta stress dapat berakibat pada munculnya darah tinggi. Tindakan yang sangat dianjurkan adalah segera berkonsultasi kepada dokter, apabila Anda merasakan gejala-gejala darah tinggi.



















No comments:

Post a Comment