Sunday 3 April 2016

Membangun Taman Bunga






Ada ungkapan yang mengatakan bahwa segala hal yang menyebalkan dan membuatmu putus asa akan selalu datang menghampiri hidupmu. Maka menjadi tugasmu-lah untuk membuat hidupmu bahagia dengan caramu sendiri.

Konon, dengan melakukan meditasi dan menenangkan pikiran, kita dapat membangun taman bunga di alam pikiran kita sendiri. Dengan demikian, kita dapat sejenak meninggalkan hiruk-pikuk persoalan hidup dan untuk sementara waktu meninggalkan 'orang-orang menyebalkan' di sekitar kita.

Saya sangat menganjurkan Anda untuk sering-sering melakukannya. Para politikus yang pintar bersilat lidah, pejabat yang hanya peduli seremoni, dan para kriminal yang selalu membuat sesak pikiran di kepala, akan lebih bagus dapat Anda lupakan sejenak. Lakukanlah perenungan. Ambil sikap meditasi dan buatlah taman bunga di dalam pikiran Anda sendiri.

Kemudian jika taman bunga Anda hancur ketika Anda telah membuka mata, Anda tak perlu khawatir. Buatlah taman bunga yang baru nanti. Bahkan jika taman bunga Anda akan selalu hancur saat kembali pada kenyataan hidup, jangan pernah jera untuk terus membuat taman bunga.

Begitu.

No comments:

Post a Comment