Sunday 23 August 2015

Tips Mengusir Galau






Saat seseorang tidak dapat meraih apa yang menjadi keinginan dan cita-citanya, atau saat ia tak dapat keluar dari situasi yang tak menyenangkan, biasanya ia akan merasa galau. Adalah hal yang wajar bila dalam setiap langkah kehidupan akan berpotensi menimbulkan masalah. Dan masalah akan selalu berpotensi memicu adanya perasaan galau.

Para ahli berpendapat bahwa manusia itu dibentuk oleh berbagai proses di dalam maupun di luar dirinya. Istilah ilmiahnya: Somatopsikososial. Artinya adalah kondisi pribadinya tergantung oleh kondisi jasmani, rohani dan lingkungan sekitarnya. Sebesar apa kemampuan seseorang untuk survive dan
beradaptasi terhadap lingkungan akan membentuk kesempurnaan kepribadian seseorang.
    

Kenapa Muncul Perasaan Galau ?

Sangatlah wajar jika kehidupan ini selalu memerlukan adanya perjuangan dan pengorbanan. Contoh yang paling sederhana adalah saat kita hendak memasukkan sesuap nasi ke mulut. Kita perlu berjuang mengangkat sendok dan mengarahkan tangan kita ke mulut. Hanya saja, karena kegiatan itu telah rutin kita lakukan, maka tak terasa perjuangannya.
Perasaan galau muncul pada saat kita tak dapat lagi menentukan arah dan kehilangan kekuatan dalam perjuangan menjalani kehidupan. Sering sekali kita bingung pada saat dihadapkan pada pilihan yang dilematis. Pilihan yang sangat berat dan memiliki konsekuensi yang tinggi. Keadaan galau yang berkelanjutan bahkan mampu mengganggu keseimbangan jiwa kita.


Dampak Perasaan Galau

     
Perasaan Galau muncul karena adanya stressor pada hidup kita. Wujud dari stressor itu bisa bermacam-macam: mulai persoalan kemampuan finansial, perbedaan kelas di tengah masyarakat, masalah pekerjaan, jodoh, penyakit, dan lain sebagainya.
Dampaknya pun bermacam-macam tingkatan: Ada yang hanya bikin kita mengurut-ngurut kepala Psikosomatis.
karena pusing, adapula yang sampai menjalar pada penyakit fisik yang mengganggu, seperti perut mulas, jantung sering berdebar dan sebagainya. Gangguan yang telah bersifat jasmani tersebut sering kita kenal dengan istilah



5 Tips Mengusir Galau


Bagi setiap insan yang percaya pada Tuhan Yang Maha Esa, seharusnya dampak dari setiap perasaannya takkan sampai membuat hidupnya terguncang secara berlebihan. Karena pada saat cobaan tersebut datang, maka ia akan menganggap sebagai hiasan dan pelengkap bagi kisah perjalanan hidupnya.




Adapun 5 Tips yang dapat Anda coba untuk mengusir Galau adalah sebagai berikut:
  1. Tetaplah dalam iman dan keyakinan kepada Tuhan. Perbanyaklah mengingat Diri-Nya, agar hati  kita senantiasa merasa tenang.
  2. Senantiasa menambah pemahaman terhadap kitab suci. Karena dalam kitab suci telah termaktub berbagai petunjuk dalam kehidupan, penjelasan akan penyakit hati dan penyembuhannya, Petunjuk dalam jalan yang lurus serta nasehat-nasehat yang baik.
  3. Berbagilah cerita pada orang yang kita percayai, sebagai upaya menyalurkan ketegangan dan beban  hidup.
  4. Aturlah ritme bekerja Anda untuk menghindari kelelahan yang berlebihan. Usahakanlah istirahat secara teratur dan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.
  5. Hindari sikap selalu terburu-buru dan perasaan tegang yang terus menerus.                                                                                                                                                                                           Selamat Mencoba, ...













No comments:

Post a Comment